SARANA KATETERISASI JANTUNG RSUD DATU BERU KAB. ACEH TENGAH SUDAH DAPAT MEMBERIKAN PELAYANAN KEMBALI KEPADA PEMEGANG KARTU BPJS KESEHATAN

Sebagai salah satu hadiah bagi masyarakat Aceh Tengah dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 77 ini , Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah melalui salah satu Instansi Pelaksana Pelayanan Kesehatannya yaitu RSUD Datu Beru Kab. Aceh Tengah akan segera mengoperasikan kembali Fasilitas Kateterisasi  Jantung atau lebih dikenal dengan Cathlab. Pelayanan Cathlab RSUD Datu Beru Kab. Aceh Tengah yang telah beroperasi sejak tahun 2016 dengan rata-rata kemampuan melayani pasien penderita gangguan kesehatan jantung sebanyak 45 orang perbulan. Pada Tahun 2019 , Fasilitas CathLab ini mengalami kendala dalam melayani Pasien BPJS Kesehatan  namun tidak halnya dengan Pasien Umum.

Berbagai upaya dan dukungan dilakukan oleh pihak terkait seperti Bupati Aceh Tengah, DPRK dan pihak internal RSUD Datu Beru untuk menghadirkan kembali pelayanan CathLab ini bagi masyarakat Dataran Tinggi Gayo ini , salah satunya dengan Komitmen pihak RSUD Datu Beru Kab. Aceh Tengah kepada Pihak BPJS Kesehatan dalam menyediakan SIM RS ( Sistem Manajemen Informasi RS ) yang di kerjakan secara serius dan bahu – membahu antar seluruh staf RS dan Tim IT RS dalam mengembangkan SIM RS GOS 2 versi gratis dari Kemenkes RI. Alhasil, pada 01 Agustus 2022 Kerjasama Pelayanan Kateterisasi Jantung bagi pasien BPJS  Kesehatan dapat di lanjutkan kembali.

Nantinya setelah resmi beroperasi kembali, Fasilitas CathLab ini akan memberikan pelayanan tindakan coroner non bedah, pemasangan alat pacu jantung, penanganan pasien dengan kelainan katup jantung dan penyumbatan pada kelainan jantung bawaan serta penanganan pasien dengan penyumbatan darah pada tungkai.

Tindakan ini sangat penting dilakukan dalam menurunkan risiko kematian dan meningkatkan kualitas hidup penderita penyakit jantung. (Humas RSUDB@Agustus2022)

 

Ditinjau oleh: dr. Munadi, Sp.PD-KKV

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *