“MENGHADIRKAN RUMAH SAKIT KE HATI MASYARAKAT” HUMAS RSUD DATU BERU TURUT BERKOMITMEN MEMBERIKAN PELAYANAN TERBAIK

Rumah sakit merupakan sebuah sarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dimana intensitas kunjungan setiap harinya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan orang. Masyarakat menggunakan pelayanan yang ada di rumah sakit seperti rawat jalan, rawat inap, atau hanya sekedar mengunjungi sanak keluarga yang sedang menjalani perawatan.

Berdasarkan hal tersebut, rumah sakit merupakan lembaga yang mengharuskan pihak-pihak yang berada di dalamnya untuk bertatap muka dengan orang banyak dalam kesehariannya. Sehingga proses berkomunikasi, fasilitas, pelayanan dan cara menghadapi pasien beserta keluarga pasien menjadi salah satu hal yang menarik perhatian.

Dalam praktiknya, keseharian tersebut akan menjadi sorotan dan penilaian dari masyarakat yang akan berdampak pada citra rumah sakit. Berkaca dari hal-hal diatas, rumah sakit membutuhkan peran-peran pendukung dalam memberikan citra positif dikalangan masyarakat. Salah satunya adalah dengan menghadirkan peran Humas pada rumah sakit.

RSUD Datu Beru  telah menghadirkan Unit Hubungan Masyarakat (Humas) secara resmi berdasarkan Keputusan Direktur Nomor: 188.4/342/UPTD RSU-DB/2022 tentang Penetapan Struktur Organisasi Hubungan Masyarakat (HUMAS) pada UPTD RSUD Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah.

Pada hari Rabu (05/10/2022) dan Kamis (06/10/2022) Unit Humas telah melaksanakan sosialisasi kegiatan Unit Humas RSUD Datu Beru di Aula RSUD Datu Beru. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur RSUD Datu Beru dr. H. Gusnarwin, Sp.B dan dihadiri oleh Wakil Direktur Administrasi Umum, Wakil Direktur Pelayanan, Wakil Direktur Penunjang, para Kabag, Kasubbag, Komite, Kepala Bidang, Kepala Ruangan dan Kepala Unit yang berada di ruang lingkup RSUD Datu Beru.

H. Gusnarwin, Sp.B menyampaikan bahwa Humas merupakan rekan dan perpanjangan tangan kita dalam penyampaian informasi. Setiap bagian dari rumah sakit dapat berkoordinasi untuk mengembangkan dan mempromosikan rumah sakit kepada khalayak.

Seperti slogan Humas RSUD Datu Beru yaitu “Menghadirkan Rumah Sakit ke Hati Masyarakat”, Humas akan mengusahakan akses masyarakat ke pelayanan rumah sakit dan informasi pelayanan yang disediakan rumah sakit akan tersalurkan dengan maksimal.

Humas juga berkomitmen untuk menyajikan edukasi, informasi, dan komunikasi kepada publik menggunakan format bahasa yang mudah dimengerti sehingga pesan-pesan yang disampaikan menjadi efektif. (Humas RSUDDB-Oktober 2022)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *