PELATIHAN KOMUNIKASI EFEKTIF DAN HUBUNGAN TERAPEUTIK UPTD RSUD DATU BERU

Takengon – UPTD RSUD Datu Beru mengadakan pelatihan “Komunikasi Efektif dan Hubungan Terapeutik” yang bertempat di aula UPTD RSUD Datu Beru pada Rabu, (30/08/2022). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bagian PSDM (Diklat dan Pelatihan) UPTD RSUD Datu Beru yang bekerja sama dengan Pokja KE (Komunikasi Efektif) UPTD RSUD Datu Beru.

Pelatihan Komunikasi Efektif dan Hubungan Terapeutik dibuka oleh Direktur UPTD RSUD Datu Beru, dr. H. Gusnarwin, Sp.B. dan diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari perwakilan pegawai dan staf dari setiap ruangan yang ada di lingkungan UPTD RSUD Datu Beru.

Pelaksanaan pelatihan komunikasi efektif dan hubungan teurapeutik ini bertujuan untuk melatih tenaga kesehatan agar memiliki kemampuan berkomunikasi kepada pasien sehingga proses penyembuhan berjalan efektif dan efisien.

Melalui pelatihan ini diharapkan setiap tenaga kesehatan dapat melihat perkembangan kesehatan pasien dan melakukan pelayanan serta dapat mengevaluasi pelayanan yang diberikan.

Rangkaian kegiatan pelatihan ini diisi dengan materi tentang dasar-dasar komunikasi, komunikasi efektif,  teknik komunikasi teurapeutik pada tahap hubungan teurapeutik, dan manajemen komplain yang disampaikan oleh Ns. Farida Eriyani, S.Kep., MKM., dan Ns. Nelviana Surya Darni, S.Kep., M.Kep.

Kegiatan diakhiri dengan simulasi penggunaan metode komunikasi SBAR (Situation, Background, Assesment dan Recommendation) oleh peserta. (Humas RSUDDB – Agustus 2022)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *