SEMINAR INTERAKTIF “TUMBUH KEMBANG ANAK DALAM MASA EMAS PERTUMBUHAN” DAN “KEGAWATDARARURATAN SISTEM PERNAFASAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI” UPTD RSUD DATU BERU

Foto Bersama Peserta dan Narasumber
Foto Narasumber, Wakil Direktur Administrasi Umum RSUD Datu Beru dan Kabag PSDM RSUD Datu Beru

Takengon – Rabu 12 Oktober 2022, Bagian PSDM UPTD RSUD Datu Beru berkolaborasi dengan Humas UPTD RSUD Datu Beru melaksanakan seminar interaktif dengan 2 sesi. Sesi 1  yaitu mengenai  “Tumbuh Kembang Anak dalam Masa Emas Pertumbuhan” dan sesi 2 mengenai  “Kegawatdaruratan Sistem Pernafasan dalam Kehidupan Sehari-hari” yang bertempat di Hotel Grand Bayu Hill Takengon. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang merupakan staf RSUD Datu Beru.

Kegiatan ini di pandu oleh MC Bapak Ns. Mualimin , S.Kep, MKM yang diawali dengan penyampaian Laporan Kegiatan oleh Kepala Bagian PSDM UPTD RSUD Datu Beru Sariana Sistri, SKM., MKM, kemudian dilanjutkan dengan  pembukaan  oleh Direktur UPTD RSUD Datu Beru yang dalam hal diwakili oleh Wakil Direktur Administrasi Umum, dr. Indra Lutfi , MKM. Beliau berharap para peserta dapat mengambil hikmah dan manfaat dari ilmu yang disampaikan narasumber. Beliau juga mengamanatkan agar para peserta mentransfer pengetahuan yang didapat terutama kepada rekan-rekan di RSUD Datu Beru kemudian juga kepada khalayak agar ilmu tersebut dapat berkembang dan terus menyebar.

Bertindak sebagai moderator yaitu Harmala, S.Psi., Psikolog yang merupakan Psikolog pada RSUD Datu Beru.  Sesi pertama pada tema “Tumbuh kembang Anak dalam Masa Emas Pertumbuhan”,  disampaikan oleh dr. Muhammad Arif Martondang, Sp.A yang merupakan Dokter Spesialis Anak pada RSUD Datu Beru. Dalam penyampaiannya, beliau menekankan tentang pola pengasuhan anak yaitu Asah,Asih,Asuh yang saling terkait dalam menciptakan tumbuh kembang anak. Tumbuh kembang anak pada masa emas juga sangat penting dilakukan pemantauan karena pada masa inilah perkembangan otak anak sedang berlangsung dan akan mudah mendeteksi jika ada gangguan atau keterlambatan pada tumbuh kembang anak.

Dilanjutkan sesi kedua dengan tema “kegawatdaruratan Sistem Pernafasan dalam Kehidupan Sehari-hari” yang diisi oleh narasumber Ns. Winta Alexandria, S.Kep yang merupakan Kepala Komite Keperawatan RSUD Datu Beru. Materi yang disampaikan berkaitan dengan “Initial Assesment”. Diantara pokok pembahasannya adalah tentang komponen penilaian Initial Assesment yaitu Airway, Breathing, Circulation, Disability, dan Exposure  atau lebih dikenal dengan ABCDE.  Serta menambahkan tiga survei primer lagi yaitu Folley Chateter, Gastric Tube dan Heart Monitor atau lebih dikenal dengan FGH.  salah satu tujuan dari komponen ini adalah untuk mengelompokkan tingkat keparahan pasien sehingga bisa ditangani secara efektif dan efisien.

Seminar interaktif ini berjalan sangat hidup dan banyak peserta yang mengajukan pertanyaan dan memberikan respon positif terkait dengan materi yang disampaikan oleh narasumber di akhir acara.

(Humas RSUDDB-Oktober 2022)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *