WASPADA PENYEBAB KOLESTEROL TINGGI

Secara alami dari dalam tubuh manusia akan menghasilkan kolesterol 1000 mg perhari. Jumlah ini akan semakin bertambah dengan adanya tambahan kolesterol yang berasal dari makanan yang kita konsumsi.  Semakin banyak seseorang mongonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, maka akan semakin besar pula peluang untuk menaikkan kadar kolesterol di dalam tubuhnya.

Kolesterol pada kadar normal justru sangat berguna bagi tubuh, manfaat kolesterol antara lain sebagai pembentuk dinding sel tubuh, pembentuk hormon-hormon, pembentuk vitamin D dan sumber energi. Jika kadar kolesterol di dalam tubuh terlalu tinggi, maka akan mengakibatkan gangguan kesehatan.

Tanpa disadari, gaya hidup dan pola makan yang kurang baik merupakan faktor pendukung naiknya kadar kolesterol di dalam tubuh. Dilansir dari buku Care Yourself. Kolesterol karya Sri Nilawati, Diah Krisnatuti, B. Mahendra, Oei Gin Djing. Beberapa faktor penyebab kolesterol tinggi adalah:

  1. Kebiasaan Merokok
  2. Kurang mengonsumsi sayur dan buah-buahan
  3. Konsumsi alkohol secara berlebihan
  4. Obesitas dan kurang aktivitas
  5. Diabetes Mellitus

Cara mencegah kolesterol tinggi adalah dengan menjaga pola makan seperti mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan menerapkan gaya hidup sehat seperti berolahraga, menurunkan berat badan dan berhenti merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *