Pelayanan Unggulan

Pelayanan Cath-Lab (Kateterisasi Jantung)

Cath-Lab/angiografi adalah prosedur atau tindakan kardiologi diagnostik invasif dengan menggunakan sinar-x untuk menampilkan gambaran pembuluh darah untuk melihat adanya penyakit, sumbatan, penyempitan atau pelebaran pada pembuluh darah tersebut. Alat ini dapat menampilkan gambaran pembuluh darah secara detail.

Unit Cath-Lab Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah diresmikan pada tanggal 15 Agustus 2016 dan merupakan unit Cath-Lab pertama yang ada di Wilayah Tengah Aceh. Pelayanan Cath-lab Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah menangani pemeriksaan diagnostik, pemasangan balonisasi/kateterisasi dan pemasangan ring/stenting.

 

 

 

 

Pelayanan Hemodialisa

Hemodialisa adalah metode pencucian darah dengan membuang cairan berlebih dan zat-zat berbahaya bagi tubuh melalui alat dialisis untuk menggantikan fungsi ginjal yang rusak.

Unit Hemodialisa Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah merupakan salah satu unit pelayanan yang diperuntukkan untuk membantu penderita gagal ginjal melakukan cuci darah. Dalam meningkatkan pelayanan penyakit ginjal, dilakukan proses hemodialisis dengan mengalirkan darah keluar tubuh dan disaring didalam ginjal buatan (dialyzer).

Terdapat 9 buah mesin cuci darah pada Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah, 1 buah diantaranya adalah mesin khusus untuk  pasien Hepatitis B dan berada di ruang isolasi.